Profil Shinji Kagawa, Borussia Dortmund

shinji kagawa pemain dortmundShinji Kagawa lahir di Kobe, Hyōgo, Japan pada tanggal 17 Maret 1989. Pemain berkebangsaan Jepang yang berposisi sebagai gelandang serang ini sekarang memperkuat klub Jerman, Borussia Dortmund. Kagawa mulai bermain sepakbola ketika berumur lima tahun. Dia bergabung dengan Marino FC dari tahun 1994 sampai dengan 1999. Kemudian pindah ke Kobe NK Footbal Club dari tahun 1999 sampai 2001 dan dia bergabung dengan FC Miyagi Barcelona di Sendai tahun 2001 sampai tahun 2005.

Shinji Kagawa mulai menjadi pemain profesional di kampung halamannya bersama dengan Cerezo Osaka di tahun 2006. Dia menjadi pemain pertama di Jepang yang menandatangani kontrak profesional sebelum lulus SMA, kecuali pemain yang dipromosikan dari tim muda klub J League. Pada tahun 2007 dia mendapat posisi reguler di tim namun Cerezo Osaka melewatkan promosi ke divisi J League 1. Di tahun 2009, Shinji Kagawa menjadi pencetak gol terbanyak di Divisi 2 J League dengan total 27 gol dan menarik perhatian luas. Dia tercatat sebagai midfilder paling subur. Selama empat musim membela Cerezo Osaka, Kagawa mencetak 57 gol dari total 127 penampilan.

Pada musim panas 2010, Shinji Kagawa dibeli oleh klub asal Jerman, Borussia Dortmund dengan biaya transfer €350,000. Biaya transfer yang relatif rendah karena ada klausul kontrak dari Cerezo Osaka yang menjelaskan bahwa jika pemain akan dilepas dengan harga murah bila ada tawaran bermain di kompetisi Eropa.

Shinji Kagawa membuat debut penampilan pertamanya di Bundesliga Jerman pada tanggal 23 Agustus 2010. Setelah mencetak dua gol pertamanya di kompetisi resmi untuk Borussia Dortmund saat babak kualifikasi UEFA Europa League melawan Qarabag FK, dia melanjutkan performa apiknya dengan gol pertamanya di Bundesliga Jerman kala mengalahkan VFL Wolfsburg dengan skor 2-0 di Signal Iduna Park. Di derbi Revierderby melawan saingan Dortmund, yaitu Schalke 04 yang dimenangi oleh The Borussian 3-1, Kagawa sukses dua kali mencatatkan namanya dipapan skor sebagai pencetak gol, keberhasilannya mencetak brace di pertandingan tersebut membuatnya menjadi pemain favorit para fans Borussia Dortmund.

Kagawa melewatkan setengah musim 2010/2011 di Bundesliga Jerman bersama Dortmund karena dia mengalami cidera kala membela tim nasional Jepang di laga Internasional. Akan tetapi dia berhasil mencetak 8 gol di 18 penampilannya di musim tersebut. Dengan usaha kerasnya pada paruh pertama musim tersebut, akhirnya bisa membantu Borussia Dortmund menjadi juara Bundesliga Jerman musim 2010/2011 dan ia bahkan berhasil masuk dalam best XI Bundesliga Jerman.

Pada tanggal 22 Oktober 2011, Kagawa mencetak gol cepat di menit ke-7 ketika Dortmund menghancurkan FC Koln 5-0 di depan 80,200 penonton yang memadati Signal Iduna Park. Shinji Kagawa kembali mencetak gol pada tanggal 5 Oktober 2011 saat Borussia Dortmund menggunduli VfL Wolfsburg 5-1. Kagawa mencetak satu satunya gol saat melawan Werder Bremen pada tanggal 17 Maret 2012, golnya tercipta melalui sundulan setelah menerima umpan dari Ilkay Gundogan pada menit ke delapan. Dia kembali mencetak gol saat Borussia Dortmund mempecundangi Cologne 6-1 pada tanggal 25 Maret 2012. Di pertandingan tersebut ia berhasil membuat brace, kemenangan tersebut membuat Dortmund tetap memimpin Bundesliga Jerman dengan selisih lima poin dari Bayern Munich.

Setelah dua tahun kebersamaannya bersama Borussia Dortmund, Kagawa menandatangani kontrak empat tahun bersama raksasa Inggris, Manchester United. Selama di Old Trafford, Kagawa tidak tampil apik seperti ketika membela Borussia Dortmund, meskipun memenangi Premier League pada musim 2012/2013. Dia kembali ke Borussia Dortmund setelah dua musim saja bersama dengan Setan Merah. Di dua musim tersebut dia hanya mengoleksi 38 penampilan serta 6 gol.

Sementara di karir internasionalnya, Shinji Kagawa pertama kali membela tim nasional Jepang dari level junior. Dia menjadi bagian dari tim nasional Jepang U-20 di Piala Dunia FIFA U-20 yang di adakan di Kanada. Pada tahun 2008 dia terpilih untuk membela tim Jepang dalam Olimpiade 2008. Kagawa memulai debutnya di tim senior Jepang pada tanggal 24 Mei 2008 saat kompetisi persahabatan Kirin Cup. Sampai saat ini Kagawa masih menjadi bagian dari tim nasional Jepang.